Monday 25 June 2012

Lari-larian Mengejar Singa

Pada hari ini sebagian besar waktu akan dihabiskan untuk berjalan-jalan hingga sore hari dimana kita akan menuju Sentosa Islands yang terletak di sebelah selatan pulau utama Singapura.

Singapore River Cruise
Destinasi pertama pagi ini adalah menaiki Singapore River Cruise yang dimulai dari wilayah Clarke Quay (Central Shopping Mall) seharga S$ 17. Kapal penumpang ini nantinya akan mengelilingi beberapa spot menarik seperti Raffles Standing Site yang merupakan titik pertama mendaratnya Sir Thomas Stamford Raffles, gubernur jendral permata Hindia-Belanda, Merlion yang merupakan ikon negara Singapura, serta Boat Quay hingga kembali lagi ke Clarke Quay membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Namun untuk mempersingkat waktu, kami memutuskan untuk turun di Merlion dan mengambil beberapa foto dengan background Merlion, Esplanade, serta Marina Bay Sands yang juga tampak dari kejauhan lengkap dengan Singapore Flyer yang tampak sangat indah dilengkapi dengan langit siang hari ini yang sangat cerah.

Merlion Park
Dari Merlion Park, perjalanan kami lanjutkan menggunakan bus untuk mengunjungi Orchard Road, sebuah jalanan sepanjang 2,2 km yang merupakan surga belanja di Singapura. Beberapa tempat maupun shopping mall yang wajib dikunjungi di Orchard Road adalah ION Orchard (di bawahnya terdapat stasiun MRT Orchard), Wisma Atria, Paragon Mall, 313@Somerset (di bawahnya terdapat stasiun MRT Somerset), The Heeren, Nge Ann City (Takashimaya), dan tentu Lucky Plaza yang merupakan pusat souvenir dan oleh-oleh. Lucky Plaza juga sering disebut sebagai mall-nya orang Indonesia selain karena banyak menjual makanan khas Indonesia, pengunjung mall dipenuhi oleh orang Indonesia serta apartemennya juga mayoritas dimiliki oleh warga Indonesia. Setelah hampir 4 hari terus mencicipi makanan yang beraroma kare, Chinese Food yang minim rempah-rempah, memasuki food court di Lucky Plaza membuat mata kami berkaca-kaca memandangi tulisan berwarna merah yang amat mencolok dan khas: NASI PADANG. *sungguh menggoda*

ION Orchard
Puas berkeliling di Orchard Road dan kembali dengan beberapa kantung belanjaan, kami pun bersiap untuk mengunjungi Sentosa Island yang merupakan pulau resort yang populer di Singapura. Atraksi hiburan pantai sepanjang lebih dari 2km membuat Sentosa menjadi destinasi utama bagi 5 juta orang pelancong setiap tahunnya. Dengan luas pulau sekitar 5 km2, dimana 70 persennya terdiri dari hutan tropis sekunder yang menjadi habitat dari biawak, monyet, merak, burung kakak tua, serta berbagai flora dan fauna asli. Perjalanan menggunakan MRT dimulai dari stasiun Clarke Quay dan turun di stasiun Harbour Front. Dari sini, kita terlebih dahulu akan mengunjungi Vivo City, sebuah mall yang cukup terkenal di Singapura. Setelah itu barulah kita akan menuju Sentosa Island menggunakan sejenis monorail Sentosa Express dari Vivo City Lobby level 3 (seharga SGD 3). Selama di dalam Sentosa Island, ada tiga pemberhentian monorail yang aat dekat dengan titik-titik destinasi populer di Sentosa Island seperti Universal Studio, wahana permainan Songs of The Sea, dan miniatur monumen Merlion dalam versi yang lebih mini apabila dibandingkan dengan yang aslinya. Setelah berkeliling di Sentosa Island, kami menyempatkan jalan-jalan sebentar di Vivo City dan makan malam di Food Republic, food court berkonsep urban yang ramai hingga malam hari.

-sekian malam terakhir kami di Singapura, see ya on the last chapter!!-

The world is a book and those who do not travel read only one page.” – St. Augustine


No comments: