Friday 4 June 2010

Marketing 2.0

Akhir-akhir ini situs jejaring sosial Facebook seakan telah menjelma menjadi sebuah iklan berjalan. Setiap kali saya membuka halaman web ini, ada saja iklan yang menawarkan produk yang saya lihat. Namun yang menarik iklan ini datangnya bukanlah dari produsen produk yang memasang iklan,tapi dari teman-teman kita sendiri di Facebook. Rekan kerja kita, teman semasa SMA, atau mungkin teman di bangku kuliah. Melihat hal ini saya jadi teringat sebuah teori dari pakar marketing terkenal, Hermawan Kartajaya:

"The World is still Round, the Market is already Flat."

Hal inilah yang telah dikatakan oleh Hermawan dimana nantinya produsen, suplier, dan konsumen seperti berada dalam satu garis horizontal. Seperti inilah yang telah terjadi saat ini di dunia Facebook. Di situs jejaring sosial yang begitu populer ini telah terbentuk sebuah wadah tempat jual beli yang bisa dijangkau oleh siapa saja, dan kapan saja. Dari laptop di kampus, dari handphone, dari BlackBerry miliknya, dan berbagai fasilitas lain.

Dulu saat di bangku SMP guru ekonomi saya berkata bahwa pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Kalau teori ini memang benar, berarti saat ini Facebook telah menjadi sebuah pasar baru dimana penjual dapat dengan mudahnya bertemu pembelinya, yaitu teman mereka sendiri. Dengan mewabahnya Twitter, BlackBerry Messenger, dan jejaring sosial lain, maka pasar itu telah bertambah luas dan semakin besar pula potensinya. Salam.

No comments: